Cara Beternak Ayam Kampung Paling Ekonomis dan Menguntungkan

Langkah Mudah Beternak Ayam Kampung

Daging ayam adalah salah satu jenis makanan yang paling banyak peminatnya. Dibandingkan dengan daging ayam negeri, daging ayam kampung lebih bergizi tinggi. Hal inilah yang membuat para peminat daging ayam mulai beralih ke daging ayam kampung sehingga menyebabkan permintaan pasar meningkat. Peluang pasar ini bisa dimanfaatkan dengan cara beternak ayam kampung.

Cara Beternak Ayam Kampung Paling Ekonomis dan Menguntungkan

Ada beberapa langkah mudah yang bisa diterapkan dalam beternak ayam. Langkah-langkah tersebut adalah sebagai berikut. 

- Pengadaan Bibit

Langkah pertama adalah pengadaan bibit ayam kampung. Walaupun bisa mendapatkan bibit unggul dengan cara menetaskan sendiri, tapi untuk langkah mudahnya dengan cara membeli DOC (Day Old Chicken) pada pengusaha atau perusahaan ternak yang terjamin kualitasnya. Pastikan bibit ayam kampung jenis apa yang ingin Anda Ternakkan. 

- Pengadaan Kandang

Buatlah kandang yang ukurannya disesuaikan dengan usia ayam. Jangan lupa untuk memberi lampu pada kandang agar tetap hangat. Siapkan area terbuka dan bersihkan kandang serta wadah pakan dan minum secara teratur. Buang air minum yang masih tersisa dan gantilah dengan yang baru. Usahakan kandang selalu dalam kondisi kering dan cukup cahaya matahari. 

- Perawatan dan Menyiapkan Pakan

langkah selanjutnya adalah proses perawatan dan menyiapkan pakan bagi ayam kampung. Berikan pakan organik atau alami seperti dedak, bekatul, jagung, daun pepaya, daun lamtoro serta sisa nasi. Berikan pakan sebanyak 3 kali dalam sehari. Bisa dengan komposisi pakan voer atau pakan dari pabrik dan diselingi dengan pemberian pakan organik. Selain itu, ayam juga bisa mencari pakan bergizi tinggi sendiri yaitu cacing tanah saat berada di area terbuka.

- Panen

Langkah terakhir adalah panen telur ayam kampung dan daging ayam kampung. Dalam tempo 6 bulan, Anda sudah bisa mendapatkan penghasilan dari menjual telur ayam kampung. Namun untuk menjual ayam kampung, Anda harus menunggu sampai ayam berumur 8-12 bulan baru bisa dilakukan panen. 

Dengan mengetahui cara beternak ayam kampung paling ekonomis dan menguntungkan ini bisa jadi alternatif pilihan dalam mencari peluang usaha yang mendatangkan keuntungan yang menjanjikan.