Wajib Coba! Cara Sederhana Budidaya Jamur Tiram

Langsung Bisa, Langkah Mudah Budidaya Jamur Tiram bagi Pemula

Dulu saat ingin makan jamur harus mencarinya terlebih dahulu. Namun saat ini jamur sudah banyak tersedia di supermarket dengan berbagai jenis jamur. Salah satu jamur yang paling laris adalah jamur tiram. Permintaan akan jamur tiram ini semakin meningkat karena jamur ini bisa dikreasikan menjadi berbagai makanan yang lezat dan bergizi.
Wajib Coba! Cara Sederhana Budidaya Jamur Tiram

Bagi yang mempunyai lahan kosong di rumahnya dan ingin mendapatkan penghasilan hanya dari rumah, tidak ada salahnya untuk belajar budidaya jamur tiram. Tidak butuh keahlian khusus untuk berhasil menjadi petani jamur tiram, bahkan seorang pemula juga bisa menjadi pengusaha jamur yang sukses.

Cukup dengan belajar secara online dan ketahui cara-cara yang benar sehingga bisa memperkecil persentase kegagalan. Berikut tips mudah budidaya jamur jenis tiram.


- Pemilihan Bibit


Langkah yang pertama adalah pemilihan bibit jamur tiram. Untuk lebih praktisnya,  belilah bibit jamur tiram pada penyedia bibit yang terpercaya. Pilih bibit dengan BER sekitar 75%. Bila perlu, konsultasilah kepada petani jamur yang sudah terbukti sukses dengan usahanya.

- Media Tanam


Pada umumnya, media tanam jamur tiram menggunakan baglog yang terbuat dari bekatul, serbuk gergaji atau disebut juga grajen dan kapur. Bagi pemula, baglog ini bisa dibeli dengan harga kisaran 2500 per bungkus. Hal ini cukup praktis mengingat cara pembuatan baglog dan prosesnya cukup rumit.


- Rumah Kumbung


Rumah kumbung adalah rumah jamur untuk merawat baglog agar jamur bisa tumbuh dengan baik. Bentuknya seperti rak yang tersusun rapi untuk meletakkan baglog dan harus mempunyai suhu yang tidak terlalu lembab dan tidak terlalu panas.

- Perawatan


Langkah berikutnya adalah perawatan baglog. Lakukan penyiraman secara teratur menggunakan sprayer. Usahakan penyiraman tersebut berbentuk seperti kabut, bukan berupa tetesan air. Tunggu 1-2 Minggu sampai baglog tertutup oleh miselium secara keseluruhan. itu tandanya jamur tiram siap untuk dipanen.

Cara sederhana budidaya jamur tiram ini bisa diterapkan pemula sekalipun. Dengan berusaha dengan tekun dan tidak malu untuk bertanya bisa menjadi kunci menuju sukses.

Subscribe to receive free email updates: