Cara Buka Toko Penjualan Spare Part dan Hal-hal yang Harus Diperhatikan

Juli 16, 2019
Cara Buka Toko Penjualan Spare Part dan Hal-hal yang Harus Diperhatikan


Sepeda motor merupakan salah satu alat transportasi yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia. Bahkan semakin tahun, peminat sepeda motor semakin tinggi. Hal inilah yang membuat usaha di bidang spare part sepeda motor dapat dijadikan pilihan. Sepeda motor yang digunakan terus menerus pastinya akan mengalami kerusakan dan membutuhkan pergantian spare part. Cara buka toko penjualan spare part sebenarnya cukup mudah, hanya perlu menyiapkan modal untuk menyiapkan lokasi dan membeli spare part kendaraan.

Bisnis penjualan spare part sebenarnya sudah banyak digeluti, sehingga saingan usaha juga semakin banyak. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai bisnis ini.

Tips Membuka Toko Penjualan Spare Part

Berikut beberapa hal yang perlu dicermati sebelum membuka toko spare part sepeda motor, antara lain:

1. Mencermati besarnya modal
Hal yang harus diperhatikan sebelum memulai bisnis adalah besarnya modal. Memulai bisnis baru tentunya akan membutuhkan modal yang sangat besar. Membuka bisnis spare part sepeda motor juga membutuhkan modal yang besar. Apalagi harga spare part sepeda motor yang cenderung mahal. Selain itu, harga spare part asli harus import, tentunya harganya semakin mahal.

Bagi Anda yang memiliki modal yang pas-pasan, bisa bekerja sama dengan distributor sebagai penjual lepas. Namun, sebaiknya ajukan persyaratan, barang dibayar setelah terjual agar tidak mengeluarkan modal yang terlalu besar.

2. Mencermati lokasi toko
Lokasi toko sangat menunjang keberhasilan bisnis. Sebaiknya pilihlah lokasi yang strategis, sehingga mudah dijangkau oleh konsumen. Selain itu, ciptakan suasana yang nyaman, sehingga konsumen merasa betah di toko. Anda juga perlu menyediakan halaman yang luas untuk parkir atau memasang spare part secara langsung. Jika memiliki modal yang besar, Anda bisa membuat konsep pasar swalayan yang lebih modern.

3. Mencermati karyawan
Salah satu hal yang menentukan keberhasilan bisnis adalah pelayanan yang baik. Pilihlah karyawan yang mampu melayani konsumen dengan baik. Selain itu, karyawan juga harus paham tentang spare part sepeda motor, sehingga dapat memberikan saran terbaik pada konsumen. Biasanya konsumen yang mendapatkan pelayanan baik akan merasa puas dan akan kembali lagi.

4. Mencermati limbah
Hal terakhir yang perlu dicermati saat menjalankan bisnis spare part adalah limbah. Memang limbah spare part yang dihasilkan cukup banyak, tetapi Anda tidak perlu khawatir karena limbah dapat dijual kembali. Anda dapat bekerja sama dengan pengepul atau pencari mesin rongsokan untuk membeli limbah spare part.

Semakin banyak peminat sepeda motor, membuat bisnis spare part menarik untuk dilakukan. Cara buka toko penjualan spare part tergolong cukup mudah, hanya perlu menyiapkan modal untuk membuka toko dan membeli spare part. Jika modal yang dimiliki tidak terlalu besar, Anda dapat berkerja sama dengan distributor sebagai penjual lepas untuk membeli spare part. Pastikan memberikan penawaran barang dibayar setelah terjual, untuk menghindari pengeluaran modal yang besar.

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.