Cara Ternak Ayam Broiler dari Pakan sampai Perawatan Kandang yang Dapat Anda Praktikan

Cara Ternak Ayam Broiler dari Pakan sampai Perawatan Kandang yang Dapat Anda Praktikan

Cara Ternak Ayam Broiler dari Pakan Sampai Perawatan Kandang yang Ampuh-Jika Anda ingin memulai bisnis, mencoba usaha ternak ayam broiler dapat dijadikan pilihan. Hal ini dikarenakan kebutuhan daging ayam di Indonesia semakin meningkat dan permintaan daging ayam juga bisa dikatakan stabil. Selain itu, saat ini sudah banyak bermunculan restoran ayam di mana-mana, sehingga semakin memudahkan menjual daging ayam. Sebenarnya untuk mendukung bisnis yang dijalankan, cara ternak ayam broiler dari pakan sampai perawatan kandang bisa Anda ikuti.

Tips Ternak Ayam Broiler

Berikut beberapa tips ternak ayam broiler yang dapat Anda ikuti, antara lain:

1.Memilih jenis ayam

Jenis ayam yang biasanya diternak adalah ayam kampung dan ayam daging atau Broiler. Bisnis ayam daging atau Broiler dirasa lebih menguntungkan, karena banyak peminatnya dan harga bibitnya juga lebih murah. Selain itu, ayam Broiler juga cepat berkembang dan harga jualnya tidak jauh berbeda dengan ayam kampung.

2. Mencari Suplier DOC (Daily Old Chicken) berkualitas

DOC (Daily Old Chicken) merupakan bibit ayam yang berumur 10-14 hari. Pemilihan DOC sangat menentukan keberhasilan ternak ayam. Oleh karena itu, pilihlah DOC yang sehat berkualitas saat memulai bisnis ternak ayam. Ciri DOC yang berkualitas adalah memiliki mata cerah, bulu kering, warna bulu cerah, aktif dan tidak ada sisa kotoran di anus. Selain itu, pastikan DOC sudah diberi vaksin, sehingga tidak mudah terkena penyakit.

3.Kandang ayam yang memadai


Selain DOC atau bibit ayam, keberhasilan ternak ayam juga ditentukan oleh kualitas kandang yang memadai. Kandang yang tidak memadai akan menyebabkan ayam mudah stres, sehingga tidak akan tumbuh gemuk. Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membuat kandang adalah luas kandang, sanitasi, intensitas cahaya, ventilasi udara, dan ketinggian tempat minum.

4.Pakan berkualitas

Agar ayam dapat berkembang dengan baik, sebaiknya pilih pakan yang berkualitas. Anda bisa memilih pakan BR atau konsentrat, bekatul, atau biji-bijian. Jangan memberi makan ayam asal kenyang saja, karena akan membuat panen ayam tidak sesuai standart. Selain memberikan makanan, Anda juga perlu memperhatikan minuman. Letakkan tempat minum setidaknya setinggi dada ayam. Perhatikan juga kebersihan dari tempat makan dan minuman.

5.Vaksin dan vitamin

Vaksin dan vitamin diperlukan untuk mencegah ayam terkena penyakit. Kebanyakan penyakit ayam mudah menular. Hal inilah yang menyebabkan jika satu ayam terkena penyakit, maka beberapa hari kemudian semua ayam dapat mati. Oleh karena itu, pastikan tidak ketinggalan memberikan vaksin dan vitamin.

Cara ternak ayam Broiler dari pakan sampai perawatan kandang harus dipraktikan untuk menghasilkan ayam yang berkualitas. Sebelum memulai usaha ternak ayam, Anda harus mencari bibit ayam yang berkualitas. Selain itu, Anda juga perlu memberikan vaksin dan vitamin agar ayam tidak mudah terkena penyakit. Jika belum memiliki modal untuk menjalani bisnis ternak ayam, Anda dapat menjalin kemitraan dengan perusahaan. Anda hanya perlu menyediakan kadang dan tenaga perawatan, sedangkan bibit, vitamin, obat-obatan dan pakan telah disediakan.

Subscribe to receive free email updates:

7 Responses to "Cara Ternak Ayam Broiler dari Pakan sampai Perawatan Kandang yang Dapat Anda Praktikan"

  1. Mencari Suplier DOC ini kira-kira dimana ya, kadang ada keinginan untuk ternak ayam broiler.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas tinggal di mana? saran saya lebih baik pilih supplier yang dekat atau satu lokasi dengan Mas. Agar mudah ntar kalau ada masalah bisa langsung konsultasi.

      Hapus
  2. Heemm!! Sepertinya perlu dipelajari secara bertahap dan keseriusan agar kualitas ayam broiler menjadi sehat dan gemuk..😄😄

    Thanks sob atas ilmu ternaknya..😄😄

    BalasHapus
  3. sepertinya ternak ayam broiler ini cukup menjanjikan ya, yang penting kita bisa jaga kebersihan kandang serta telaten merawat ayam ayam ternakan kita

    BalasHapus
  4. Dulu saat krismon ada yang namanya bantuan modal dari pemerintah. Sodara2 saya banyak yang berbisnis ini. Sayangnya gak lanjut

    BalasHapus