Ingin Menjajal Bisnis Budidaya Jamur? Ini yang Perlu Dipahami

Juli 14, 2019
Ingin Menjajal Bisnis Budidaya Jamur? Ini yang Perlu Dipahami

Salah satu komoditas yang layak untuk dikembangkan dengan cara budidaya adalah jamur. Produk budidaya ini bisa menghasilkan keuntungan. Hal ini dikarenakan jamur banyak diminati masyarakat untuk dikonsumsi. Walaupun budidaya jamur banyak memberikan keuntungan, banyak para pemula belum memahami betul hal-hal yang berkaitan dengan pengembangan usaha jamur. Berikut ini tips yang bisa membantu pembudidayaan jamur.

1. Selalu jaga kebersihan tempat pengembangan usaha jamur
Sebelum memulai proses penanaman jamur, ada beberapa hal terkait dengan kebersihan lingkungan tempat pengembangan usaha jamur. Caranya cukup sederhana, pembudidaya hanya harus membersihkan tempat budidaya dengan memakai sapu. Bagian lantai bisa dibersihkan dengan disinfektan. Pastikan untuk menjaga kelembapan serta suhu tempat pengembangan usaha jamur.

2. Perhatikan area untuk pemeliharaan jamur
Tempat pemeliharaan jamur juga menjadi hal yang perlu diperhatikan. Kumbung sebagai tempat untuk pengembangan usaha jamur perlu dipelihara. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa baglog dapat terpelihara dengan baik sehingga bisa membantu pengembangan jamur. Kumbung pada umumnya dapat dibuat dari bambu atau kayu. Bagian atap biasanya dibuat dari genteng. Lantai kumbung dibuat tanpa menggunakan plester sehingga air mudah meresap dalam tanah.

3. Siapkan baglog
Persiapan baglog perlu dilakukan agar penanaman jamur bisa berkembang dengan baik. Baglog dibuat dari serbuk gergaji, nantinya serbuk tersebut akan dibungkus dengan plastik silinder. Pada ujung plastik akan dibuat lubang. Pembuatan lubang tersebut bertujuan untuk menjadi tempat keluarnya jamur. Bagi yang masih pemula, ada baiknya untuk membeli baglog dari orang lain. Meskipun hal ini mungkin akan menambah biaya untuk memulai pengembangan usaha jamur.

4. Tambah pengetahuan tentang pengembangan usaha jamur
Pengembangan usaha jamur memerlukan modal, salah satunya adalah modal pengetahuan. Tanpa adanya pengetahuan yang mencukupi seseorang akan kesulitan untuk mengembangkan usaha budidayanya. Pembelajaran tentang pengembangan usaha jamur bisa didapat dengan mencarinya dari berbagai sumber. Tidak hanya itu, pembelajaran juga dapat dilakukan melalui pelatihan terkait bisnis pengembangan usaha jamur.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengembangkan dan memulai pengembangan usaha jamur. Salah satunya dengan melakukan pemasaran terhadap target pasar yang paling sesuai. Pasaran yang di target bisa berasal dari pasar nasional maupun internasional. Tidak menutup kemungkinan pasaran juga bisa dilakukan melalui pemasaran ke konsumen di pasaran rumah tangga.

5. Pemanenan jamur
Lakukan pemanenan dengan memperhatikan beberapa hal. Dalam kurun waktu beberapa minggu saja, jamur sudah bisa dipanen. Baglog yang sudah bertumbuh masih bisa dipanen beberapa kali.

Usaha jamur menjadi hal yang cukup diminati. Bidang usaha ini bisa memberikan banyak keuntungan. Bidang usaha ini dapat dijalankan dengan baik apabila pengusaha budidaya jamur mengetahui beberapa informasi mendasar tentang budidaya ini.

1 komentar:

  1. Tambah pengetahuan, ini yang saya lakukan. Ada keinginan ingin budidaya jamur. Saya punya tanah yang lumayan, tapi nganggur.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.