Cari Tahu Yuk! Keunggulan Ternak Ayam Broiler

Cari Tahu Yuk! Keunggulan Ternak Ayam Broiler

Terdapat berbagai bidang bisnis yang bisa ditekuni. Salah satunya adalah bisnis sebagai peternak ayam broiler. Bidang bisnis ini dapat memberikan banyak keuntungan bagi yang menekuni bisnis sebagai peternak ayam. Tidak hanya itu, ada banyak keuntungan lainnya yang bisa diperoleh apabila bisnis ini dijalankan dengan baik. Berikut ini merupakan keunggulan ternak ayam broiler yang perlu diketahui.

1. Cara beroperasi lebih sederhana

Bagi para pemula bisnis ternak ayam broiler. Bisnis ini merupakan pilihan yang paling bagus karena proses memulai usaha ini tergolong sederhana. Bisnis ini bisa diawali dengan melakukan pembelian anak ayam, membeli perlengkapan, membeli vitamin, dan lain sebagainya.

Bagi yang masih pemula. Bisnis sebagai ternak ayam bisa diawali tanpa mempekerjakan karyawan. Sebab, usaha ini bisa dilakukan secara mandiri. Dengan demikian, perekrutan karyawan bisa memperkecil pengeluaran.

2. Permintaan pasar berpeluang mengalami peningkatan

Permintaan akan ayam broiler cukup banyak. Hampir setiap pedagang daging maupun swalayan membutuhkan pasokan daging ayam. Kebutuhan daging ayam cukup laris di pasaran dan bisa dibilang merupakan salah satu yang dibutuhkan masyarakat masa kini. Daging ayam tidak hanya dibutuhkan untuk dijual dalam bentuk bahan mentah. Beberapa penjual makanan juga menjadikan daging ayam sebagai menu makanan yang dijual.

3. Modal yang dibutuhkan relatif lebih sedikit

Banyak pengusaha pemula yang mengira beternak ayam membutuhkan modal yang besar. padahal memulai ternak ini tidaklah membutuhkan banyak modal. Pengusaha hanya perlu modal yang terbilang cukup kecil. Selain itu, pengusaha juga bisa mengawali bisnis melalui kemitraan dengan para penjual bibit ayam. Hal utama yang perlu dilakukan di awal bisnis adalah meluaskan lahan serta mempersiapkan perlengkapan berternak.

4. Keuntungan yang bisa terus meningkat

Dibandingkan bidang ternak lainnya. Ternak ayam broiler punya harga yang cukup stabil. Pada saat tertentu, Harga dari ayam broiler dapat naik beberapa kali lipat. Kenaikan harga ayam broiler dapat meningkatkan keuntungan karena banyaknya pembelian dan pemesanan ayam broiler. Saat perayaan hari besar, permintaan dan keuntungan dari penjualan ayam broiler mengalami peningkatan yang cukup pesat.

5. Masa panen yang lebih cepat

Masa panen ayam broiler lebih cepat dibandingkan dengan hewan lainnya. Oleh karena itu, pengusaha tidak perlu menunggu terlalu lama untuk memanen hasil ternak ayam. Sebagai gambaran peternak ayam broiler hanya perlu memanen ketika masa panen mencapai 35 hari. Selain masa panen yang cepat, ayam broiler juga tidak membutuhkan waktu lama sebab hasil panen tergolong cepat laku di pasaran.

Usaha ternak hewan ada banyak macamnya. Ternak ayam broiler merupakan salah satu usaha ternak yang paling banyak diminati karena keunggulan ternak ayam broiler yang sangat banyak. Usaha ternak ini tidak membutuhkan banyak modal dan bisa dijalankan bagi yang masih awam dengan bisnis ternak ayam.

4 Responses to "Cari Tahu Yuk! Keunggulan Ternak Ayam Broiler"

  1. Baru tahu ayam broiler itu apa, kalo makannya sih sering. :) :)
    Makasih kak atas pengetahuannya barunya.

    BalasHapus
  2. Kalau saya dulu ternak ayam sabung, entah bisa disamakan atau tidak 😄 Tapi keuntungan juga besar, anakan ayam philipin saja orang berani bayar 300 rb/ekor. Bahkan, Philipin teman yang datang dari malaysia harga telur ayam sabungnya aja 100 ribu.

    Kuncinya dlu, butuh ketekunan dalam melihara ayam.. Sama saja bagi saya, karna kalo lalai dlam proses pengembang biakan bisa saja datang² penyakit dari ayam luar..

    Thanks for sharing !
    Salam Brother! 🖐🏻

    BalasHapus
  3. bahkan Bill Gates aja pengen ternak ayam mas, hahaha.... ini bener lho, ayam ini mudah berkembang biak, dan terbukti meningkatkan penghasilan, terlebih lagi banyaknya kuliner olahan ayam yang makin berkembang

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini fakta yg menarik. Saya juga baru tau kalo bill Gates juga minat di ternak ayam

      Hapus