Tips Melamar Pekerjaan Sebagai Kasir yang Banyak Dicari

Juli 06, 2019
Tips Melamar Pekerjaan Sebagai Kasir yang Banyak Dicari

Kasir merupakan pekerjaan yang menuntut ketelitian dan kecermatan. Jika tidak teliti, maka jumlah uang yang dihitung akan berbeda dan tentunya akan merugikan. Jika berminat untuk menjadi kasir, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan saat mendapatkan panggilan interview. Interview dilakukan untuk mengetahui apakah pelamar memiliki kompetensi yang sesuai untuk menjadi kasir. Tentunya Anda harus mempersiapkan diri dengan baik agar dapat lolos interview dan diterima. Berikut tips melamar pekerjaan sebagai kasir yang dapat dipraktikan.

Persiapkan diri

Sebelum memenuhi panggilan interview, Anda harus mempersiapkan diri dengan baik. Pelajari job desk sebagai kasir. Selain itu, perlu juga mempelajari pertanyaan-pertanyaan yang biasanya ditanyakan saat interview. Mempersiapkan diri dengan baik, akan membuat lebih percaya diri dan kemungkinan diterima bekerja juga semakin besar.

Mempelajari pertanyaan yang diberikan saat interview

Saat menerima panggilan interview, sebaiknya Anda mempelajari pertanyaan yang biasanya diajukan saat interview. Hal ini akan memudahkan dalam menjawab dan kemungkinan diterima juga lebih besar. Beberapa pertanyaan yang diajukan saat interview adalah:

Pertanyaan tentang diri sendiri
Saat interview, Anda akan diminta untuk menjelaskan tentang diri Anda. Jelaskan infromasi tentang nama, alamat, lulusan dari universitas mana, jurusan saat kuliah, usia, dan alamat. Selain itu, jelaskan juga pengalaman yang berhubungan dengan kasir. Pengalaman ini tidak harus saat berkerja, tetapi juga saat kuliah atau mengikuti organisasi tertentu.

Pertanyaan tentang kelemahan
Menjelaskan kelemahan saat interview merupakan hal yang paling susah. Jika menjelaskan kelemahan, maka khawatir jika tidak lolos. Hal yang dapat dilakukan adalah menjelaskan kelemahan, disertai dengan cara menanggulanginya. Misalnya jika kelemahan Anda adalah pelupa, maka harus dijelaskan bahwa Anda selalu membawa catatan kecil untuk mencatat hal-hal penting agar tidak lupa.

Pertanyaan tentang kelebihan
Saat interview, Anda juga diminta menjelaskan kelebihan yang dimiliki. Pastikan kelebihan yang dijelaskan sesuai dengan pekerjaan sebagai kasir, misalnya teliti, sabar, dan dapat menghitung uang dengan cepat.

Pertanyaan tentang pengetahuan dalam bidang kasir
Seperti telah dijelaskan sebelumnya bahwa berkerja sebagai kasir membutuhkan ketelitian saat menghitung uang. Kebanyakan perusahaan akan menerima pelamar yang memiliki pengalaman di bidang kasir. Anda dapat menceritakan pengalaman saat menjadi kasir.

Pertanyaan mengapa ingin bekerja sebagai kasir
Saat melalukan interview, Anda juga akan diminta menjelaskan mengapa memilih bekerja sebagai kasir. Pastikan menjelaskan alasan yang paling mendasar mengapa memilih kasir dan usahakan memberikan penjelasan yang sejujurnya. Biasanya HRD akan mengetahui jika jawaban Anda tidak jujur dan hanya mengada-ngada.

Saat melamar menjadi kasir, perusahaan biasanya akan memilih orang yang berpengalaman. Selain itu, dilakukan pula interview untuk mengetahui kemampuan dari pelamar. Anda dapat mempraktikan tips melamar pekerjaan sebagai kasir untuk memudahkan saat melakukan interview. Lakukan persiapan dan pelajari pertanyaan yang biasa diberikan saat interview.

1 komentar:

  1. Pertanyaan untuk kelemahan dan kekurangan, sepertinya sangat sulit untuk dijawab hehe

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.